Smart Hidroponik Berbasis IoT dan Robot Desinfektan dalam Ajang KKSI 2021

Perkembangan teknologi dalam bidang pertanian dari tahun ke tahun semakin berkembang, perkembangan teknologi ini mampu meningkatkan kuantitas di berbagai sektor yang contohnya dalam bidang pertanian. Kemajuan teknologi dalam bidang pertanian ini membuat para masyarakat menjadi manusia yang lebih efisien dan efektif dalam menfaatkan teknologi untuk diterapkan dalam bidang pertananian, namunĀ  hal itu mengakitbatkan masyarakat khususnya petani yang masih tinggal di daerah terpencil tertinggal dalam memanfaatkan kemajuan teknologi dan tidak memperoleh keuntungan yang maksimal dari kegiatan usaha yang dilakukannya.

SMK merupakan lembaga pendidikan yang berorientasi pada dunia kerja yang bertujuan untuk memberikan bekal siap kerja yang terampil sehingga setelah lulus dapat mengembangkan keterampilan yang dimiliki sehingga dapat siap kerja di industri maupun berwirausaha di bidang kompetensi yang dimiliki.

Kamp kreatif SMK Indonesia (KKSI) tahun 2021 merupakan upaya untuk meningkatkan dan memeratakan mutu pembelajaran di SMK melalui pelatihan yang disampaikan oleh para maestro atau tenaga ahli, serta mengimplementasikan pembelajaran berbasis revolusi industri 4.0 di SMK. Kegiatan ini berbasis daring (video conference/zoom) yang ditujukan untuk para siswa SMK.

SMK N 1 Wanareja mengirimkan 2 tim untuk mengikuti KKSI 2021, masing-masing mengikuti pada bidang IoT (Internet of Thing) dan bidang Robotika. Pada Bidang IoT tim SMK N 1 Wanareja yang tergabung dalam Robotika Nezawa, pada tahap akhir pelatihan membuat karya berupa Smart Hidroponik Berbasis IoT. Sedangkan pada bidang Robotika tim SMK N 1 Wanareja membuat karya berupa Robot Desinfektan.

Smart Hidroponik merupakan sistem monitoring tanaman hidroponik yang terhubung dengan internet, sehingga kita dapat memantau dari manapun dan kapan pun. Sistem kerja dari SMART HIDROPONIK yaitu sensor TDS dan sensor suhu membaca nilai TDS dan nilai Suhu air nutrisi tanaman hidroponik . kemudian di kirim datanya ke ESP32 untuk di proses dan selanjutnya dikirim ke server database Firebase. ESP32 juga menghitung umur tanaman dengan bantuan sistem RTC dan kemudian datanya dikirim ke server database Firebase. Untuk sistem monitoring menggunakan aplikasi yang kita buat sendiri yang terhubung dengan database Firebase. Dari aplikasi tersebut kita dapat memonitoring suhu air, kadar nutrisi tanaman ( nilai TDS ) dan umur tanaman. Selain itu, kita juga dapat mengoreksi umur tanaman dan setting jam dan tanggal pada system RTC Smart Hidroponik.

Robot Disinfektan merupakan robot yang mampu membawa cairan diinfektan dan menyemprotkannya ke lingkungan sekitar. Robot ini dapat dikontrol dari jauh menggunakan Remot Kontrol.

Tinggalkan Balasan