Pelaksanaan PPDB SMK Negeri 1 Wanareja

Wanareja – 2 Juli 2018 Lulusan SMP & MTs di wilayah Cilacap bagian barat mulai mendatangi SMK Negeri 1 Wanareja untuk mendaftarkan diri melalui panitia penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2018/2019 Mereka mendaftar melalui OnLine di Sekolah dan ada juga yang sudah mendaftar online mandiri, mereka tinggal melakukan Verifikasi berkas.

Tanggal 2 Juli 2018 merupakan hari pertama pendaftaran dan verifikasi berkas untuk tingkat SMA dan SMK Negeri di Wilayah Jawa Tengah.

Ketua Panitia PPDB SMK Negeri 1 Wanareja tahun pelajaran 2018/2019 Rahmat Basuki, S.Pd menyebutkan pendaftar dihari pertama cukup banyak, mereka lebih antusias untuk datang langsung ke SMK Negeri 1 Wanareja daripada mendaftar secara online diluar sekolah, mungkin dengan pertimbangan lebih mantap dan lebih leluasa untuk bertanya kepada panitia sebelum menentukan pilihan jurusan yang akan dipilihnya.

Pak Rahmat juga menyebutkan sosialisasi yang dilakukannya selama ini, membuahkan hasil dengan banyaknya pendaftar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hari pertama biasanya para calon peserta didik bersama orang tuanya datang ke sekolah untuk menanyakan informasi yang berkaitan dengan pendaftaran.

“Tahun ini cukup banyak yang langsung menentukan untuk daftar, diperkirakan sampai dengan penutupan jam 13 sudah mencapai 500an pendaftar disini” ujarnya, Senin, 2 Juli 2018.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Wanareja Drs. Hendarto, MM juga menyebutkan laporan yang masuk terkait pelaksanaan pendaftaran hari pertama, lebih banyak peminat yang langsung mantap untuk mendaftar dari pada hanya sekedar bertanya cara dan proses pendaftarannya. Semua ini berkat kerjasama Tim yang solid dan berupaya untuk mensosialisasikan PPDB tahun pelajaran 2018 / 2019 di SMK Negeri 1 Wanareja.

Pak Hendarto menegaskan panitia di SMK Negeri 1 Wanareja harus benar-benar memahami aturan tentang PPDB. Ia mencontohkan adanya laporan pendaftar yang ditolak karena kurangnya persyaratan Keterangan Sehat dan Buta Warna dari dokter Pemerintah, agar supaya untuk segera melengkapinya.

“Seleksi tetap pada Pihak Provinsi Jawa Tengah dengan penilaian 85% bobot UN dan 15% bobot tes khusus” ujarnya.

Beliau juga meminta para pendaftar memaklumi penerapan antrian pendaftaran pada saat Verifikasi berkas dan Tes Khusus di SMK Negeri 1 Wanareja. Menurut Pak Hendarto, waktu pelayanan pendaftaran PPDB itu dari pukul 8.00 hingga 13.00 WIB. Setelah itu petugas akan melakukan penilaian tes khusus dan diunggah ke sistem. Jika tidak dibatasi, dikhawatirkan berkas akan menumpuk dan terlambat diunggah.

“Saya harap untuk keesokan hari, pelayanan bisa lebih baik sehingga semua pendaftar bisa terlayani,” katanya.

Pak Hendarto juga meminta pendaftar tidak mempercayakan calo untuk memasukkan berkas. Ia menyebutkan calon siswa dan orang tuanya langsung mendaftar sendiri. PPDB ini gratis, kata Pak Hendarto, sehingga tidak akan ada pungutan saat mendaftar.

Proses pendaftaran

Menurut Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Negeri 1 Wanareja tahun pelajaran 2018 / 2019 Rahmat Basuki, S.Pd, pendaftaran dilakukan secara online mandiri maupun disekolah.

Pendaftaran online dibuka mulai tanggal 1 Juli 2018 dan akan ditutup pada 6 Juli 2018 jam 15.00 WIB. Sedangkan untuk yang pindah jurusan dan pendaftaran baru dilayani sampai dengan jam 10.00 WIB tanggal 6 Juli 2018. Dilanjutkan dengan seleksi dan hasilnya akan diumumkan pada 11 Juli 2018 secara Online melalui website http://ppdb.jatengprov.go.id untuk jurnal harian juga bisa dilihat melalui website tersebut.

Proses pendaftaran secara online ini bersifat transparan dan bisa dilihat secara langsung oleh calon peserta didik melalui website yang telah disediakan.

Untuk melihat Gallery silahkan disini.

3 Replies to “Pelaksanaan PPDB SMK Negeri 1 Wanareja”

Berikan komentar anda disini