Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru

Wanareja – Senin, 16 Juli 2018 merupakan hari pertama pelaksanaan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru (PLSSB) atau ada juga yang menyebutnya dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Sejak sebelum pukul 06.00 satu per satu siswa baru mulai berdatangan memenuhi Aula SMK Negeri 1 Wanareja. Kegiatan ini diawali dengan apel pagi & pembukaan PLSSB oleh kepala SMK Negeri 1 Wanareja. Untuk acara kegiatan PLLSB ini diselenggarakan dari tanggal 16 s.d 18 Juli 2018

Konsep pengenalan lingkungan kali ini sangat berbeda dengan pengenalan lingkungan terdahulu, kegiatan MOS yang diadakan dahulu kini telah berganti menjadi Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru (PLSSB). Hal ini dikarenakan adanya peraturan baru yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Peraturan Menteri (Permendikbud) Nomor 18 tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Dengan adanya PLSSB ini diharapkan siswa baru dapat mengubah pola pikir SMP nya menjadi pola pikir SMK Negeri 1 Wanareja. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Wanareja Bapak Drs. Hendarto. MM dalam sambutan pembukaan acara “PLSSB ini bertujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengembangkan interaksi positif antar siswa serta mengubah pola pikir siswa dengan menggunakan cara yang berbeda, namun dapat membentuk siswa SMK Negeri 1 Wanareja agar dapat menghasilkan karakter siswa yang bermotivasi tinggi, semangat, jujur, mandiri, menghargai, disiplin, hidup bersih, berintegritas, memiliki etos kerja & bergotong royong serta berbudaya namun tanpa intimidasi dan kata-kata keras. Pendidikan karakter ini menjadi penting karena akan melekat kepada setiap siswa yang di didik di SMK Negeri 1 Wanareja dan menjadikannya keunggulan dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari dan setelah memasuki dunia Industri”.

Bersamaan dengan acara Pembukaan PLSSB ini di Lapangan SMK Negeri 1 Wanareja juga melaksanakan apel bersama Guru, Karyawan serta siswa kelas XI & XII yang tidak mengikuti kegiatan PLSSB.

Yang bertugas sebagai Pembina apel Bapak Giman Joko Wahono. ST dalam kesempatan ini beliau menyampaikan “Setelah melewati bulan Ramadhan dan ‘Idul Fitri maka kita semua kembali menjadi fitrah, suci dan bersih. Maka hati kita yang sudah suci dan bersih ini jangan dikotori lagi dengan noda hitam. Dalam hal ini di Lingkungan SMK Negeri 1 Wanareja semua Guru, Karyawan & Siswa adalah satu kesatuan bagaikan sebuah badan bila ada kesalahan maka mari perbaiki bersama bukan malah saling menyalahkan. Seperti tubuh kita saat sedang berjalan kakinya tersandung dan sakit maka tangan kita akan segera turun untuk mengelusnya bukan malah memukul-mukul kaki yang tersandung tersebut. Begitu juga halnya dengan Bapak & Ibu Guru dan Karyawan SMK Negeri 1 Wanareja harus saling melengkapi supaya hati kita tetap bersih dan terhindar dari noda yang mengotorinya”.

Berikan komentar anda disini